Bupati Wajo Apresiasi Kepedulian Pangdam Hasanuddin Terhadap Situs Cagar Budaya Masjid Tua Tosora

Bupati Wajo Apresiasi Kepedulian Pangdam Hasanuddin Terhadap Situs Cagar Budaya Masjid Tua Tosora

Wajo - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, S.H.,  melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Wajo, tepatnya di Desa Tosora Kecamatan Majaulang, Sabtu (8/01/2022).

Pangdam didampingi Ketua Persit KCK PD XIV/Hasanuddin Ny. Indah Syafei, Danrem 141/Tp Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E., M.M, Asintel Kolonel Inf Muhammad Aidi, S.I.P., M.Si dan Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H.

Dalam kunjungan ini Pangdam meresmikan, sekaligus melakukan kegiatan peresmian selesainya upaya penyelamatan struktur cagar budaya Masjid Tua Tosora dan Makam Assyech Jamaluddin Al Akbar Al Huseini yang berada di wilayah Kabupaten Wajo.

Dalam sambutannya, Jenderal bintang dua ini mengatakan, penyelamatan situs cagar budaya adalah tugas bersama, bilamana dibiarkan akan semakin rusak karena alam.

"Situs sejarah Masjid Tua Tosara ini di dalamnya ada makam Assyech Jamaluddin Al Akbar Al Husaini, dan tempat ini dulunya pernah menjadi pusat pemerintahan kerajaan Wajo, " Ungkapnya. 

"Sebelum saya dengan Kabinda berziarah ke makam ini ketika ada kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Wajo, saat itu terpikirkan masjid dan makam ini akan rusak termakan usia karena alam, sehingga kita berfikir bagaimana untuk bisa merenovasi dan menyelamatkan situs sejarah ini agar generasi kita akan tau dan mewarisi bahwa kita juga asalnya bangsa yang besar mempunyai budaya tinggi dengan warisan agama kuat, hal ini akan menguatkan generasi kita ke depannya, " Sambungnya.

"Karena saat ini generasi kita sudah banyak tidak tertarik lagi pada sejarah, pernah bicara pada anak saya tentang 10 November bagaimana ceritanya 10 November itu bisa menjadi Hari Pahlawan, ternyata tidak tau, kalau drama Korea itu tau", Seloroh Pangdam.

"Ini tugas kita bersama kalau kita tidak mengingatkan dan melestarikan serta mengingatkan sejarah kepada generasi muda kita akan pudar lama-lama karena generasi kita tidak tau bahwa asal usulnya bangsa kita adalah bangsa yang besar, " Tutupnya.

Di tempat yang sama Bupati Wajo Dr. H Amran Mahmud, S.Sos, M.Si., mengucapkan selamat datang Pangdam Hasanuddin di wilayah Kabupaten Wajo.

"Terima kasih ini suatu rahmat dan karunia seluruh masyarakat Wajo atas kedatangan Bapak Pangdam, " Ucapnya.

"Saya merasa bersyukur ada support dua Jenderal. Bapak Pangdam dan Kabinda telah memberikan bantuan kepada kita dalam renovasi penyelamatan situs sejarah Masjid Tua Tosora dan Makam Assyech Jamaluddin Al Akbar Al Husaini cucu ke 19 Nabi Muhammad SAW dan merupakan leluhur dari Sunan Giri, Sunan Gunung Jati dan para Sultan Banten dan bisa kita lihat bersama betapa megahnya, " Sambungnya.

"Insya Allah tempat ini nanti akan menjadi sarana tempat kunjungan ziarah dan menjadikan obyek pariwisata di Kabupaten Wajo. Semoga Allah SWT membalas kebaikan segala bantuan dua Jenderal, bapak Pangdam dan Kabinda yang telah memberikan curahan kepada masyarakat Wajo, " Tutupnya.

Turut hadir Kabinda Sulsel Brigjen TNI Dwi Surjatmodjo, S.H, Ketua DPRD Kab. Wajo H. Muh. Andi Alauddin Palaguna, S.Sos, para pejabat TNI-Polri dan unsur Forkopimda Kabupaten Wajo, para tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan tokoh Adat Kabupaten Wajo.

Pangdam Hasanuddin Bupati Wajo
Subhan Riyadi

Subhan Riyadi

Previous Article

Asah Kemampuan dan Ketahanan Fisik Prajurit,...

Next Article

Ramaikan Gowa Run 10 K, Prajurit Asal Kodim...

Related Posts

Peringkat

Profle

Pardal Riyanto

YUDIK

YUDIK

Postingan Bulan ini: 96

Postingan Tahun ini: 96

Registered: Sep 23, 2021

Basory Wijaya

Basory Wijaya

Postingan Bulan ini: 74

Postingan Tahun ini: 74

Registered: Oct 11, 2021

Kusdiyono

Kusdiyono

Postingan Bulan ini: 64

Postingan Tahun ini: 64

Registered: Feb 23, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 43

Registered: Jul 16, 2020

Profle

Ryawan Saiyed

Ditemukan Mayat di Rumah Kos Depan Stadion Andi Mappe Pangkep
Prajurit Pos TNI AL Muncar Bersinergi Amankan Malam Pergantian Tahun
Ada Apa? Dua Orang Babinsa Koramil 12/LP Datangi Sekolah Dasar Negeri 01 Center Langga Payung
Observasi dan Patroli PAM Terbuka Objek Vital Nasional, Pos TNI AL Paiton Jamin Keamanan PLTU Paiton

Follow Us

Recommended Posts

Tertangkap Basah Curi Ikan, Seorang Lelaki di Corawali Diamankan Anggota Koramil
4 Keuntungan Menggunakan Sistem dan Aplikasi ERP untuk Perusahaan
Babinsa Peltu H. Jamaluddin Pantau Situasi Pantai Matene dan Juppai
Kasdam Hasanuddin Buka RAT ke-52 Puskop Kartika Hasanuddin
TNI Angkatan Laut Peduli Pekerja Harian Lepas (PHL)